Selasa, 11 Maret 2014

Cara mengisi/mencas/mengcharge Handphone dengan benar

Blog Jayoo - Tidak sedikit orang yang mengeluh dengan handphonenya karena tidak bisa di cas, baterai cepat panas, dan bahkan ada yang baterainya kembung. Itu disebabkan oleh ulah pemilik hp itu sendiri, karena cara mereka mencas hpnya itu salah dan bisa dibilang beresiko. 
Karena itu Blog Jayoo mau menjelaskan tentang cara mengecas HP yang baik dan benar tanpa resiko kerusakan Hp atau kerusakan pada sel-sel baterai agar pengguna handphone tidak stress bahkan bahagia jika handphonenya bisa awet sampai 5 tahun (mungkin bisa) jika merawatnya dengan baik dan benar.

Charge HP pada stop kontak yang tidak rusak

Jangan berani mengecas HP kamu pada stop-kontak yang rusak, karena stop kontak yang rusak itu terkadang bisa terjadi arus pendek dan bisa juga tegangannya naik turun sehingga baterai jadi cepat rusak oleh tegangan yang tidak stabil tersebut.

Gunakan Charger aslinya

Lebih baik menggunakan yang aslinya dari pada charger khusus hp lain, karena selain bisa menyebabkan kelebihan tegangan. Juga bisa membuat baterai menjadi kembung karena lain tegangan yang masuk ke baterai dan akhirnya baterai tsb menjadi cepat rusak dan drop.

Jika Panas saat di charge langsung pindahkan ke tempat dingin

(Jangan taruh di kulkas :D) Jika saat kamu mengcharge HP menjadi panas, langsung pindahkan ke tempat dingin segera agar baterai tidak kelebihan panas. Lebih baik saat mencas HP ditaruh di lantai atau di tempat ber-AC atau Kipas Angin juga bisa agar menjaga temperatur HP dan timah-timah didalam hardware HP tsb tidak meleleh karena panas.

Gunakan Powerbank khusus

Lebih baik menggunakan powebank khusus daripada powerbank multi (powerbank yang memiliki banyak kabel untuk diganti portnya) karena powerbank khusus biasanya didisain hanya untuk HP merek tertentu dan sudah disesuaikan watt dan voltnya. 

Kalau powerbank multifungsi biasanya wattnya sama tapi portnya bisa diganti-ganti dan yang diganti-ganti tersebut biasanya cepat rusak kabelnya karena sering diganti sehingga saat dicas jadi kadang nyambung kadang tidak.

Cas saat belum dibawah 50% 

Sangat baik jika kamu cas HP saat belum dibawah 50% karena mengecas dari baterai low membutuhkan tenaga listrik lebih banyak dari pada cas dari 50% - 100%. Lain jika dengan baterai Nikel, baterai Li-Ion atau Li-Polymer tidak baik di cas dari baterai kosong

2 komentar: